Minggu, 06 Maret 2016

Pelantikan Pramuka SMP Labschool Jakarta


Pramuka adalah ekskul yang wajib diikuti oleh seluruh murid kelas 7 SMP Labschool Jakarta. Pramuka diadakan setiap hari rabu setelah jam pelajaran terakhir. Selain latihan setiap hari Rabu, Pramuka juga memiliki acara lain yaitu pelantikan anggota pramuka. Pelantikan Anggota Pramuka 2016 diadakan pada tanggal 27 Februari yang bertempat di studio alam TVRI, Depok. Sebelum hari pelantikan, kami di beritahu apa saja yang harus di bawa pada saat pekantikan mulai dari perlengkapan individu hingga perlengkapan kelompok. Masing – masing orang harus mempunyai tongkat pramuka dan untuk ketua-wakil harus di cat kuning- merah- kuning. Oleh karena itu, sehari sebelum pelantikan saya dan teman saya mengecat tongkat di sekolah untuk ketua dan wakil kelompok saya.
Pada saat hari pelantikan, saya sampai di sekolah pukul setengah tujuh. Setelah ada peluit tanda berkumpul, kami pun membentuk barisan perkelompok di hall masjid. Setelah berkumpul, kami pun melaksanakan apel pembukaan. Setelah itu, kami di perintahkan untuk pergi menuju tronton yang telah di tentukan. Saya dan kelompok saya pun berjalan menuju tronton 6. Di dalam tronton 6, sudah berada beberapa kelompok lain yang duduk di kursi sehingga kursi pun penuh. Kelompok kami pun duduk di lantai. Walaupun duduk di lantai, rasanya lebih nyaman di bandingkan duduk di kursi karena kami bias tiduran. Setelah semuanya sudah masuk tronton, tronton pun berangkat. Di dalam perjalanan, ada yang makan, tidur, bernyanyi, ngobrol dan sebagainya. Saya lebih memilih tidur dengan teman saya karena saya masih lelah. Perjalanan menuju lokasi kurang lebih 1 jam. Setelah satu jam perjalanan, kami pun samapi di Studio Alam TVRI, Depok. Tronton pun parkir dan kami pun turun dan berjalan kaki menuju tempat yang telah di tentukan. Pada saat berjalan kaki, saya melihat danau bessr, monyet, kuda, dan beberapa orang yang ingin mnyuting film. Setelah beberapa menit berjalan, kami pun sampai di lokasi yang sebenarnya.
 Setelah itu kami di bariskan perkelompok. Ketua kelompok di panggil untuk di berikan pengarahan sedangkan yang lainnya bias beristirahat. Setelah ketua kelompok di beri pengarahan, ketua kelompok bergabung bersama anggotanya, kami di beri soal dan kami di perintahkan untuk menjawab soal itu. Setelah kelompok saya yang bernama matahari selesai mengerjakan soal, kami mengumpulkan nya dan di panggil untuk melaksanakan petualangan. Petualangannya yaitu kami di perintahkan untuk berjalan kedalam hutan dan mencari pos. Setiap pos, kami akan di beri materi dn rintangan. Setelah kami diperintahkan berjalan ke dalam hutan pada posisi kedua, kami berjalan mengikuti jalan dan menemukan pos pertama. Di pos pertama ini, kami harus menyebutkan kode kehormatan pramuka yaitu trisatya dan dasa darma. Setelah menyebutkan kode kehormatan pramuka, kami juga harus menyebutkan contoh kegiatan dalam mengamalkan dasa darma. Setelah minta tanda tangan kakak yang berada di pos pertama, kami pun melanjutkan perljalanan menuju pos kedua. Pos kedua tidah jauh dari pos pertama sehingga tidak memakan waktu yang lama. Di pos kedua ini, kami di ajarkan semaphore dan harus menjawab satu pertanyaan yang di wakilkan oleh satu orang perkelompok. Setelah menjawab pertanyaan dan meminta tanda tangan, kami pun melanjutkan perjalanan lagi untuk mrncari pos ketiga. Pos ketiga letaknya lumayan jauh dari pos kedua sehingga kami harus berjalan lebih jauh. Setelah menemukan pos ketiga, kami pun di perintahkan membuat tandu menggunakan tali pramuka dan teknik simpul. Kami sedikit kebingungan saat membuat nya tetapi kami berhasil membuatnya. Setelah selesai membuat tandu dan meminta tanda tangan, kami menuju pos keempat yang hanya berjarak beberapa meter dari pos ketiga. Setelah sampai , kami di perintahkan untuk membuat kain untuk mengatasi luka. Saya menjadi korban sehingga saya di pakaikan kain mitella di bagian dada kanan. Setelah itu, kami di haruskan melewati rintangan dengan membawa tandu yang di atasnya ada saya. Rintangan itu adalah membawa tandu tanpa terkena tali, tabung dan lain lain. Kelompok saya menyeret saya dengan tandu agar tidak terkena tali sehingga baju saya kotor terkena tanah. Walaupun begitu, kami berhasil melewatinya dan menjadi yang pertama yang menyelesaikan petualangan itu.
Kami pun kembali ke tempat pertama. Setelah lembali ke tempat pertama, kami di beri soal lagi dan harus mengerjakannya. Setelah kami mengerjakan soalnya, kami beristirahat. Saya dan beberapa teman saya pergi ke mushola untuk sholat. Setelah sholat, kami kembali dan memakan makan siang. Kami makan di atas tikar dan duduk bersama. Setelah makan, kami melakukan apel penutupan sekaligus pelantikan anggota pramuka. Kami melakukan apel dengan rasa lelah karena hari itu sangat melelahkan. Setelah di beri tanda gudep dan memasangkannya, tim semaphore menampulkan penampilan semaphore yang sangat memukau. Setelah itu kami di bubarkan dan di perintahkan menuju tronton masing masing untuk pulang. Setelah di tronton dan tronton berjalan, saya dan kedua teman saya ngibrol sepanjang perjalanan. Setelah sampai di labschool, terjadi perubahan jadwal yang tadinya kami sampai pukuk setengah lima di ganti menjadi setngah enam . Setelah kami sampai, kami pun menemui orangtua kami yang menjemput kami. Kami pun pulang dengan hati gembira dan lelah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar