Minggu, 06 Maret 2016

SAKSI 2016
          SAKSI adalah salah satu acara SMP Labschool Jakarta yang sangat seru. SAKSI memiliki kepanjangan yaitu Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia. Pada tahun sebelumnya, SAKSI berada di Sangga Buana, tetapi pada tahun 2016 ini, SAKSI berlokasi di Dodik Latpur, Gunung Bunder. Saksi di adakan selama 3 hari dari tanggal 5-7 Februari.
            Sebelum acara SAKSI, terdapat pra-SAKSI yang di adakan pada tanggal 1-3 Februari. Pada kegiatan prs-saksi, di bentuk kelompok dan kakak penghubung yaitu para osis. Kegiatan pada hari pertama pra-SAKSI adalah pengarahan kegiatan pra-saksi dan SAKSI yang diadakan di Teater kecil. Hari kedua pra-saksi, para peserta dibantu oleh KP membuat vandel dan tongkat. Terdapat pula materi yang diberikan oleh Pak Arief Rachman. Pada hari ketiga, terdapat materi tentang narkoba dan pelanjutan pembuatan vandel dan tongkat.
            Pada saat hari pertama SAKSI, kami berangkat mneuju lokasi menggunakan tronton. Setelah sampai di dodik latpur, kami memulai acara dengan apel pembukaan. Pada saat apel pembukaan, cuaca di lokasi sangatlah panas sehingga banyak peserta yang pusing dan tidak mengikuti apel pembukaan. Setelah apel, kami di perintahlan untuk menuju barak. Barak adalah sebuah ruangan yang didalamnya terdapat 2 kayu panjang yang digunakan oleh kami untuk tidur. Kami menuju barak dengan berjalan kaki. Jalanan menuju barak sangat curam sehingga kami harus berhati-hati dalam berjalan. Setelah sampai di barak, kami menuju ruangan yang telah ditentukan dan membereskan barang-barang kami. Kami istirahat sejenak dan melaksanakan sholat dzuhur dan jamak ashar. Ketika ada suara peluit, kami pun keluar dari barak dan menuju jalanan untuk melaksanakan makan komando. Karena hujan, kami pun kenbali menuju barak dan melaksanakan makan komando di barak. Setelah makan, kami pun menuju aula untuk mendengarkan materi. Aula berada di dekat lapangan tempat apel pembukaan berlangsung sehingga pada saat kami berjalan menuju aula, kami sangatlah lelah karena jalanannya sangat curam sehingga pada saat kami sampai di aula, kami sudah kelelahan. Setelah kami sampai di aula, kami pun duduk untuk memndengarkan materi yang ingin diberi. Materi yang diberikan adalah tentang ular. Pembawa metri menjelaskan tentang ular, cara menghadapi ular dan mereka membawa ular kobra. Setelah materi diberikan, terdapat acara selanjutnya yaitu parade busana. Parade Busana adalah acara yang berisi peragaan busana yang di tampilkan oleh seorang peserta dsri tiap kelompok. Mereka menggunakan pakaian adat dari daerah yang telah ditentukan. Mereka di pasangkan perempuan – laki- laki untuk melaksanakan parade busana. Acara ini berlangsung sangat meriah dan para peserta sangat menikmati acara ini. Setelah itu, kami turun menuju barak dan melaksanakan makan komando. Setelah makan komando, kami mandi dan menuju aula lagi untuk melaksanan sholat jamak takdim maghrib isya. Setelah melaksanakan sholat maghrib, kami di beri materi oleh para TNI. Setelah pemberian materi, kami menuju barak dan tidur
            Hari kedua kami bangun pagi dan melaksanakan sholat subuh dan melaksanakan senam pagi di depan barak. Setelah makan pagi, kami makan komando. Setelah makan komando kami ke barak untuk mandi dan berganti baju menggunakan baju loreng. Setelah itu, kami keluar barajk dan di beri pengarahan untuk melaksanakan outbond. Setelah diberi pengarahan, kami ke atas dan melaksanakan outbond. Terdapat beberapa rintangan yanmg harus kami kami jalani. Ada turun tebing, flying fox dll. Setelah kami melaksanakan outbond, kami ke lapangan untuk melakukan lomba merayap. Kami harus merayap di bawah tali perkelompok dan di akhir jalur, kami harus mengambil vandel kelompok. Setelah lomba, kami pun di beri pin saksi oleh para osis dan melaksanakan renungan sebentar. Setelah itu, kami mel;aksanakan makan komando dan beristirahat. Kami berfoto-foto karena sebagian orangtua kami datang untuk melaksanakan baksos. Setelah kegiatan istirahat dan foto-foto, kami pun di kumpulkan dan berangkat menuju air terjun curug. Kami berjalan kaki menuju curug dan setelah sampai, kami bermain- main air disana. Sangat menyenangkan. Setelah itu, kami pulang lagi menuju dodik latpur. Setelah sampai di barak, kami mandi dan berganti pakaian menggunakan pakaian pensi. Setekah itu, kami sholat ashar dan makan komando. Setelah itu, kami berangkat menuju aula dan melaksanakan sholat jamak takdim maghrib isya. Setelah sholat, terdapat acara seru lainnya yaitu pensi. Pnesi di idi oleh berbagai penampilan dari tiap kelompok. Ada yang gombal, nanyi, battle dance, stand up comedy dan lain lain. Setelah pensi, kami menuju barak dan tidur
            Pada hari terakhir atau hari ketiga, kami pagi pagi bangun untuk melaksanakan sholat subuh. Setelah sholat subuh, kami berganti pakaian menggunakan kaos angkatan dan melaksanan makan komando terakhir. Setelah itu, kami membersihkan barak dan bersiap siap untuk pulang. Setelah itu, kami di kumpulkan di depan barak dan berjalan menuju lapangan untuk melaksanakan apel penutupan. Setelah apel penutupan, kami foto perkelas dan berjalan menuju tronton masing masing. Setelah semua masuk tronton, tronton pun jalan dan kami pulang ke Labschool. Setelah sampai di Labschool, kami menuju orangtua yang menjemput kami dan kami pun pulang dengan hati gembira dan lelah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar